8 Tempat Wisata Edukatif di Jakarta Barat

Berburu Liburan Edukatif Di Tempat Wisata Di Jakarta Barat - Menyusuri Tempat-tempat Wisata Di Jakarta Barat Yang Kaya Akan Nilai Historisnya.

Salah satu wilayah di ibu kota Jakarta, yaitu Jakarta Barat yang dikenal dengan tempat wisata peninggalan-peninggalan Belanda yaitu kota tua adalah beberapa diantara tempat wisata di Jakarta Barat yang beragam.

Dan dibagian wilayah Jakarta yang termasuk bagian jakarta yang cukup padat penduduk ini menyuguhkan wisata-wisata yang syarat akan edukatif seperti museum-museum, tempat-tempat bersejarah dan lain sebagainya.

Berikut ini merupakan tempat wisata di Jakarta Barat yang cenderung bernuansa sejarah yang sangat wajib anda kunjungi untuk memperkaya wawasan dan pengetahuan anda agar lebih mengenal sejarah masa lalu.

1. Museum Arsip Nasional
8 Tempat Wisata Edukatif di Jakarta Barat

Berkunjung ke salah satu tempat di sekitar wilayah jakarta bagian barat yaitu wisata sejarah Museum Arsip Nasional yang menjadi salah satu wisata bersejarah di Jakarta Barat ini, seolah membawa pengunjung ke masa lalu.

Bangunannya yang masih dipertahankan ini pada awal pembangunannya merupakan tempat tinggal sang gubernur yaitu Jenderal Reyner De Klerk Yang didirikan pada tahun 1750. Yang juga merupakan hadiah 50 tahun kemerdekaan RI dari para pengusaha Belanda.

2. Museum Bank Indonesia
Museum Bank Indonesia merupakan museum dengan predikat terbaik yang ada di Jakarta Barat. Karena pengelolaan museum ini yang sangat baik dan terpelihara. Pengunjung akan disuguhkan aneka macam jenis, tipe dan nominal uang jaman dulu. Dengan pemeliharaannya yang baik membuat pengunjung betah di area museum ini.

3. Kota Tua Batavia
Wisata sejarah ini merupakan salah satu tempat yang tidak pernah sepi pengunjung meskipun pada hari-hari biasa dan bukan masa weekend atau musim liburan. Karena di Kota Tua ini menyuguhkan beragam hiburan termasuk didalamnya pengunjung bisa berwisata belanja.

Kota tua sendiri merupakan kota peninggalan pemerintahan kolonial Belanda. Menjadikannya unik karena bentuk arsitektur dari tempat wisata ini masih asli dan terawat. Dimana pada awal pembangunannya lokasi ini merupakan pusat perdagangan di Asia.

4. Museum Tekstil
Dinamakan Museum Tekstil karena di museum ini pengunjung akan disuguhkan aneka kain yang tersebar dari seluruh pelosok nusantara. Seperti kain batik, kain tenun, kain jumput dan lain sebagainya.

Sehingga jika pengunjung menyempatkan masuk ke Museum Tekstil ini tentu akan menambah wawasan khususnya kain-kain khas dari masing masing daerah di Indonesia. Alamatnya sendiri Museum Tekstil ini berlokasi di jalan K.S Tubun Petamaburan.

5. Masjid An-Nawier
8 Tempat Wisata Edukatif di Jakarta Barat
Masjid unik nan megah adalah salah satu kesan jika pengunjung berkunjung ke masjid ini. Menjadikannya istimewa dan lain daripada masjid-masjid pada umumnya yaitu tidak adanya kubah pelengkap arsitektur seperti pada masjid-masjid pada umumnya.

Dan keistimawaan lainnya adalah bentuk atsiternya yang mengadopsi budaya asing. Tempat yang paling cocok untuk beribadah dan mengagumi kebesaran yang maha kuasa, sehingga beribadah di masjid inipun bisa lebih khidmat.

6. Pecinan Glodok
Pecinan atau chinatown di Jakarta Barat ini merupakan salah satu tempat favorit baik bagi etnis Tionghoa luar jakarta hingga turis biasa pada umumnya. Keunikan tempat ini karena di salah satu kawasan di glodok ini segala sesuatu yang disuguhkan bernuansa Cina.

Mulai dari arsitekturnya, kuliner-kuliner yang ditawarkannya, hingga pernak-pernik yang sangat kental sekali dengan oriental Cina. Dan memang pengunjung yang mengunjungi tempat wisata ini didominasi oleh etnis Tionghoa.

7. Museum Seni Rupa
Jika anda pecinta dunia seni sekaligus sejarah. Maka museum seni rupa ini sagat disarankan untuk dikunjungi. Karena karya-karya seni abad ke 18 bisa dinikmati di museum ini. Yang terdiri dari lukisan, sketsa, patung dan lain sebagainya. Termasuk didalamnya terdapat pula aneka jenis keramik, baik lokal maupun luar negeri.

8. Toko Merah
Bangunan unik lainnya yang berada di Jakarta Barat ini adalah Toko Merah. Tentu sesuai namanya toko ini didominasi warna merah yang menjadi ciri khas dari bangunan ini yang sangat mencolok sehingga menjadi salah satu perhatian turis-turis.

Dimana menurut sejarahnya bangunan merah tua ini merupakan tempat tinggal seorang gubernur jenderal VOC, sebelum akhirnya seorang etnis tionghoa mengubah bangunan peninggalan kolonial belanda ini menjadi sebuah toko pada tahu 1851.

Demikianlah informasi 8 Tempat Wisata Edukatif di Jakarta Barat yang bisa di jadikan sebagai tujuan wisata/ Liburan bagi Anda dan anak-anak, semoga bermanfaat ya guys. Terima kasih....

0 Response to "8 Tempat Wisata Edukatif di Jakarta Barat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel