Wisata Belanja Kerajinan dan Fashion Berkualitas di Tasikmalaya

Wisata Belanja Kerajinan dan Fashion Berkualitas di Tasikmalaya - Kota Tasikmalaya mempunyai banyak hasil kerajinan dengan bermacam bentuk dan rupa, hingga membutuhkan ribuan tenaga kerja dalam pengerjaannya. Karena banyaknya UKM yang bersaing dan tersebar di kawasan kota ini, Tasikmalaya juga disebut sebagai Kota UKM. Kerajinan khas yang berasal dari Tasikmalaya yaitu Bordir Tasikmalaya yang mendunia, Payung Geulis sebagai ikon dari Jawa Barat, Kerajinan kelom Geulis, sandal tradisional asli buatan Indonesia, dan Batik Tasikmalaya juga tak kalah dari batik yang lain produk Jawa dengan ciri khasnya sendiri, yang menghasilkan fashion berkualitas dan masih banyak kerajinan-kerajinan lainnya yang ada di Tasikmalaya. Berikut ini wisata belanja kerajinan dan fashion berkualitas di tasikmalaya.

6 Tempat Belanja Kerajinan Dan Fashion Di Tasikmalaya

Wisata Belanja Kerajinan dan Fashion Berkualitas di Tasikmalaya

Sentra Kerajinan Batik Tasikmalaya
Sentra kerajinan batik (sentra-batik) Tasikmalaya terdapat di Lampung Ciroyom, Kel. Nagarasari Kec. Cipedes Kota Tasikmalaya. Menuju ke kampung batik ini sangat mudah. Letaknya yang dekat dari pusat kota, juga arah penunjuk ditemukan dengan mudah. Begitupun bila bertanya kepada tukang becak atau atau siapa saja biasanya mereka sudah pada tahu. Di Lokasi ini, tersedia gerai-gerai Batik Tasik, mulai dari harga termurah puluhan ribu rupiah hingga kisaran jutaan rupiah per potongnya.

Tak hanya itu, pengunjungpun bisa menyaksikan langsung proses pembuatan batiknya mulai awal sampai akhir. Mulai dari bentuk kain belum diwarnai hingga proses pencucian dan melukis kain yang dilakukan para perajin yang telaten. Rata-rata showroom ini didesain seakrab mungkin dengan pengunjung. Bentuknya seperti rumah biasa saja dengan etalase ala kadarnya. Pengunjung dapat memilih berbagai jenis kain batik sambil lesehan serta ngobrol ngalor ngidul.

Salas satu showroom batik adalah Rumah Batik Agnesa dan Batik Deden. Keduanya beralamat di Kampung Ciroyom Kecamatan Cipedes. Para tamu dari luar negeri oleh para agen travel sering diajak ke gerai ini.

Kerajinan Payung Geulis
Berikutnya, wisata belanja kerajinan dan fashion berkualitas di Tasikmalaya yang lainnya adalah kerajinan payung geulis. Produk kerajinan tasikmalaya terkenal hingga menjadi ikon kota souvenir di Jawa Barat. Salah satunya produk kerajinan rakyat yang menjadi khas Tasikmalaya yaitu payung geulis yang dimulai sejak masa penjajahan Belanda pada tahun 1926. Kerajinan ini berada di Indihiang, Cihideung. Kerajinan ini dipakai untuk melengkapai aksesoris noni Belanda. Payung yang berbahan kertas dan kain hias nan cantik ini bertahan hingga masa kejayaan era 1955-1958. Namun ternyata bahkan hingga kini pun payung geulis banyak peminatnya terutama kalangan wisatawan.

Selain payung geulis juga ada kerajinan kelom geulis yang biasa dipakai acara hajatan atau acara resmi. Kelom geulis ini terbuat dari kayu Mahoni. Pembuatannya tanpa bantuan mesin, hanya menggunakan tangan dengan diberi hiasan pada kelom yang umumnya berbentuk motif bunga. Kerajinan kelom geulis tasikmalaya ini lokasinya di desa setiamulya, Mulyasari, Kersanegara.

Kerajinan Boneka kayu Tasikmalaya
Berbagai macam boneka kayu lucu di hasilkan di Jalan Leuwi Anyar, sebagai produk kerajinan mulai dari boneka berbentuk buah-buahan, sayuran, ondel-ondel serta boneka Jepang dihasilkan oleh pengrajin yang terkenal di tasikmalaya. Berbagai jenis pajangan, pot tanaman kaktus dari kayu jati, serta bermacam produk-produk souvenir yang dibuat dengan memproses kayu gelondongan, pemotongan dan penghalusan serta pengukiran kayu. Kisaran harga boneka kayu di sini antara Rp 20.000 hingga Rp. 200.000. Untuk bahan dasarnya, pengrajin menggunakan kayu yang memang sudah tak terpakai atau dapat dikatakan sebagai produk daur ulang limbah kayu.

Produk hasil kerajinan tempat ini bukan hanya diminati pasar lokal, namun juga meraih perhatian pasar internasional seperti Eropa, Australia dan berbagai negara di Asia. Untuk bersaing di tingkat ini, memang pengrajin harus memenuhi standar seperti inovasi, serta turut mengikuti trend yang ada.

Kerajinan Bordir di Kec. Kawalu
Tepatnya berlokasi di Kampung Saguling, hampir semua rumah di tempat ini memproduksi bordir. Mulai mesin manual (kejek) sampai mesin canggih berteknologi komputer. Menuju Kec. Kawalu dari pusat Kota Tasikmalaya, jika dengan kendaraan pribadi sekitar setengah jam. Kendaraan umum pun sangat banyak menawarkan jasanya.

Di perjalanan, terlihat geliat aktifitas usaha bordir  di rumah-rumah terbuka, terlihat mesin-mesin besar tengah beroperasi. Mobil-mobil box bongkar muat barang terlihat mengangkut produk yang biasanya dikirim ke Tanah Abang, Solo juga Surabaya serta diekspor ke luar negeri seperti ke Malaysia, Arab, Jeddah dan Dubai.

Salah satu gerai produk bordir yang dapat dikunjungi adalah Rumah Mode Muslim Al-Amiin, di Kampung Cukang - Tanjung Kawalu. Di showroom ini, banyak memajang produk bordir hasil mesin manual dari pada mesin,  mulai kerudung, kebaya, mukena dan baju muslim dengan harga puluhan ribu hingga jutaan rupiah per potongnya.

Kerajinan Alas Kaki Di Kec. Tamansari (Gobras)
Kecamatan Tamansari sudah sejak lama jadi sentra pengrajin alas kaki. Dari sentra inilah, kelom geulis dihasilkan. Kelom Geulis merupakan sandal khas Tasikmalaya terbuat dari kayu dengan motif dan model tertentu.

Untuk menuju sentra alas kaki ini, dari pusat Kota Tasikmalaya HZ Mustofa sekitar tiga kilometer. Lebih baik menggunakan kendaraan pribadi, sepeda motor atau mobil. Namun bisa juga menggunakan angkot jalur 010 dari Jalan KHZ Mustofa-Padayungan. Namun sayangnya,  angkutan masih sedikit hingga perjalanan sedikit akan lambat.

Kini banyak produsen kerajinan alas kaki Kelom Geulis semakin kreatif saja. Para pengrajin memadukan antara lukisan batik dan bordir pada motif sandalnya. Bahkan juga ada desain tas alas sepatu. Yakni tas berbentuk  kelom geulis dengan paduan antara motif bordir dan batik. Gerai yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi, antara lain Gerai Kelom Geulis di Jalan Tamansari (Gobras) Kec. Tamansari Kota Tasikmalaya.

Produsen Busana dan Fashion
Terakhir, ulasan wisata belanja kerajinan dan fashion berkualitas di Tasikmalaya yang lainnya adalah tempat berbelanja fashion berkualitas. Ke Tasikmalaya, rasanya tak lengkap kalau belum belanja fashion baik itu mukena, koko, gamis, jilbab, berbagai busana dan kerudung dan masih banyak lagi yang tentu semuanya berhiaskan motif bordiran khas Tasikmalaya. Semua Oleh-oleh tersebut dapat dibeli langsung dari produsen di Tasikmalaya, yang so pasti dengan harga yang relatif dibawah harga toko. Lumayan di sini berbelanja jadi irit karna kemiringan harganya.

Di Tasikmalaya, pasar tradisional pun banyak terdapat toko-toko pakaian yang menyediakan busana muslim,diantaranya pasar cikurubuk, pasar tradisional pancasila, pasar terminal padayungan, pasar terminal Indihiang / Terminal Yang Baru.

Di pasar-pasar tersebut puluhan toko bordir baju, serta grosir pakaian muslim khas Tasik menjual dan menerima pembelian grosir bordir dan motif khas kawalu Tasikmalaya. Tak hanya sebatas mukena dan baju koko saja, yang lain seperti kebaya, baju kurung, selendang, bahkan juga pernak pernik cantik khas Tasik, seperti taplak meja, tutup galon dan alas gelas masuk ke beberapa toko bordir baju di tempat itu.

Itulah 6 tempat Wisata Belanja Kerajinan dan Fashion Berkualitas di Tasikmalaya yang bisa kawan-kawan kunjungi jika berwisata di tasikmalaya. Terima kasih.

0 Response to "Wisata Belanja Kerajinan dan Fashion Berkualitas di Tasikmalaya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel