Cara Menyelamatkan Handphone Yang Jatuh Ke Air Saat Travelling

Cara Menyelamatkan Handphone Yang Jatuh Ke Air Saat Travelling - Melakukan perjalanan wisata memang menyenangkan, tetapi adakalanya kita juga harus menghadapi situasi yang lumayan menyebalkan sekalipun kita sudah cukup waspada. Contohnya, handphone yang tiba-tiba jatuh ke dalam air padahal kita tengah asyik-asyiknya bermain air sambil selfie. Bagi orang yang tidak terbiasa dengan kejadian ini, tentu sangat wajar jika panik dan bingung harus berbuat apa untuk menyelamatkan smartphone tersebut. 

Sebenarnya anda tak perlu khawatir jika sebelumnya telah membaca tips yang kami bagikan berikut ini. Agar handphone yang tak sengaja jatuh di air saat sedang bershelfie ria di pantai bisa di selamatkan.

Tips Menyelamatkan Smartphone Yang Jatuh Ke Air

Cara Menyelamatkan Handphone Yang Jatuh Ke Air Saat Travelling

1. Gunakan Cotton Bud 
Tips yang pertama ini bisa Anda lakukan hanya jika kondisi handphone Anda terkena airnya tidak terlalu parah, misalnya hanya terciprat air, maka Anda bisa menggunakan cotton bud untuk mengelapnya, terutama menjangkau bagian-bagian yang tidak terjangkau oleh jari Anda.

2. Jangan Sekali-Sekali Mencoba Menyalakan Handphone Anda
Sekalipun Anda panik, jangan sekali-kali langsung mencoba menyalakan smartphone anda begitu mengangkatnya dari air. Sebaliknya, silahkan langsung saja lepaskan casing, kemudian lepas bateraynya, sim card dan memory card yang menempel pada handphone Anda tersebut. 

3. Jangan Menggunakan Hairdryer, Kipas Angin atau Microwave
Jangan menggunakan hairdryer, kipas angin ataupun microwave karena ketiga benda tersebut sangat tidak dianjurkan untuk mengeringkan handphone yang terjatuh ke dalam air. Mengapa? Karena hairdryer akan membuat handphone tambah rusak akibat panas yang di timbulkannya, begitu juga dengan microwave. Sedangkan kipas angin akan mengakibatkan air semakin terdorong masuk ke bagian handphone yang lebih dalam sehingga juga bisa berpotensi menyebabkan handphone menjadi lebih rusak.

4. Menggunakan Beras
Anda bisa meminta bantuan pada pengelola hotel atau tempat wisata yang Anda kunjungi agar menyediakan beras serta wadahnya. Jangan lupa untuk melepas casing, sim card dan memory card yang ada pada handphone Anda terlebih dahulu, kemudian silahkan rendam handphone Anda yang terjatuh ke dalam air tadi ke dalam beras tersebut.

Biarkan selama kurang lebih 1 hingga 2 hari tetap dalam beras, setelah itu baru angkat dan bersihkan handphone Anda, lalu cobalah untuk menyalakannya.

5. Menggunakan Vacum Cleaner
Selain menggunakan beras, Anda juga bisa menggunakan vacuum cleaner. Anda bisa meminjam vacum cleaner ini pada petugas hotel dan gunakanlah untuk menyedot air serta uap air yang menempel di handphone Anda. Lakukan sampai benar-benar kering. Dan sebaiknya jangan langsung di nyalakan habis di hisap dengan vacuum cleaner, tunggu beberapa jam kemudian hingga yakin benar-benar kering.

6. Balut Handphone Anda dengan Koran atau Tisu, Kemudian Masukkan ke Dalam Freezer 
Koran dan tisu memiliki kemampuan menyerap air dengan baik sedangkan suhu dingin bisa membantu mengeringkan air yang terjebak di dalam handphone. Dengan kedua alasan tersebut, cara yang ke-6 ini sangat masuk akal bila air yang terlanjur masuk dalam bagian dalam smartphone ikut terhisap keluar dan akhirnya mengering.

Nah, setelah Anda membalut handphone Anda dengan koran atau tisu ini, silahkan masukkan handphone ke dalam freezer lalu biarkan kira-kira selama 1 malam, baru kemudian coba nyalakan handphone Anda.Nah, itulah 6 tips untuk mengatasi masalah handphone yang terjatuh ke dalam air saat anda sedang asyik liburan di pinggir pantai.Semoga bisa membantu Anda melakukan ‘pertolongan pertama’ untuk menyelamatkan handphone Anda. Namun, jika cara-cara tersebut tidak berhasil, Anda sebaiknya membawa handphone tersebut kepada orang yang berpengalaman.

0 Response to "Cara Menyelamatkan Handphone Yang Jatuh Ke Air Saat Travelling"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel